Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kolam Ikan Koi Minimalis di Rumah dan Cara Pembuatan

Lompat Ke Pembahasan Utama [Tampilkan]
Duduk di teras rumah, santai nikmati satu cangkir kopi, sejuknya embun bersatu mentari pagi, mensyukuri keelokan hijaunya taman, dan cantikknya kolam ikan koi berwarna-warni.

Terpikir tidak enaknya? Hemmm…

Itu sepintas kisah cantiknya mempunyai kolam ikan di taman depan rumah kita.

Nach, bagaimana cara dan beberapa langkah membuat kolam ikan koi di muka rumah kita secara gampang, simpel, dan memakai design minimalis yang tidak mengonsumsi tempat? Berikut kita ulas dalam paparan yang kami usahakan sedetail kemungkinan. Mudah-mudahan ini bisa menolong.

Pertama Persiapkan Alat dan Bahan


Hal pertama kali yang perlu disiapkan ialah ide dari kolam ikan yang bakal kita bikin. Selanjutnya berkenaan alat dan bahan yang dibutuhkan, sama seperti perlengkapan yang dibutuhkan untuk pertukangan.

Misalkan, kita membutuhkan alat penggali seperti cangkul dan sekop, meteran, cethok, waterpass, dan sebagainya yang kira-kira dibutuhkan.

Berkenaan bahan yang dibutuhkan seperti biasanya membuat bangunan, batu bata, semen, pasir, batu, kapur, cat dinding, dan peralatan yang lain.

Kita perlu mempersiapkan tanaman air untuk hiasan kolam ikan koi saat nanti siap. Hiasan-hiasan kolam mungkin dapat kita tambah kelak.

Dalam penyiapan membuat kolam ikan koi minimalis di muka rumah kita, sama dengan akan membuat kolam ikan besar biasanya, kita perlu memerhatikan tipe tanah disitu.

Apa tanah berbatu, tanah pasir, tanah liat, atau tipe tanah yang lain. Mungkin kita membutuhkan alat dan peralatan lain untuk sesuaikan tipe tanah ini saat membuat galian.

Bila anda tidak dapat membuat sendiri, anda dapat memakai layanan tukang bangunan yang dapat anda hadirkan ke rumah anda, pasti dengan dialog yang mengikutsertakan gagasan dari anda pun.

Ukuran Kolam di Rumah Anda


Ukuran kolam dapat bervariatif bergantung posisi. Ini sesuaikan keadaan halaman rumah atau teras anda.

Kolam dapat dibikin memanjang, melingkar, atau persegi, atau wujud tidak teratur sesuai dekor yang anda harapkan.

Namun, yang penting diingat, jauhi tertolongknya wilayah mati pada kolam. Wilayah mati ialah wilayah yang susah memperoleh saluran air saat air kolam digerakkan. Wilayah mati misalkan di pojok-pojok kolam yang bersudut 90 derajat. Bila mau tak mau tertolongk, anda dapat menyiasati kondisi itu misalkan dengan membuat dengan pinggiran miring, atau menempatkan pancuran air di beberapa daerah mati ini nanti.

Contoh Gambar Kolam Koi Minimalis Yang Sudah Kami Kerjakan


Untuk kolam ikan koi, baiknya dengan kolam di permukaan tanah. Design kolam di permukaan tanah, atau beberapa di permukaan tanah, tidak membuat punggung ikan koi kelihatan secara prima. Dan ini kurangi kepuasan menyaksikan keelokan ikan koinya.

Berikut ialah beberapa gambar contoh design kolam ikan koi minimalis di halaman rumah. Mudah-mudahan bisa memberikan inspirasi anda saat membuat ide dan menyesuaikan untuk keadaan rumah anda sendiri.

Kolam Ikan Koi

Kolam Ikan Koi

Kolam Ikan Koi

Kolam Minimalis

Kolam Minimalis

Kolam Minimalis

Dasar Kolam Ikan Koi

Dasar kolam ikan koi, sebaiknya dibikin sedikit miring.

Ini mempunyai tujuan mempermudah saluran air nanti saat dilaksanakan pengurasan, atau pergantian air.

Selain itu, dasar kolam ikan yang miring, memungkinkannya kotoran ikan bisa bergabung di satu tempat tertentu. Lokasi yang terendah. Hingga mempermudah saat membersihkannya kelak.

Yang penting diingat , upayakan membuat dasar kolam ikan tidak ada permukaan yang kasar. Supaya tidak mungkin gesekan yang mencederai badan ikan koi saat lakukan pergerakan yang ekstrim. Permukaan dasar kolam yang tidak kasar, pun tidak beresiko untuk si pemilik kolam saat membersihkannya.

Hal yang lain penting diingat pada kolam koi ialah aliran pembuangan. Seperti sudah kita kenali bersama, jika backwash (pencucian atau pergantian air kolam) ialah satu hal yang dibutuhkan untuk jaga kebersihan dan kesehatan ikan koi.

Karena sangat keutamaan, dalam kolam lebih hebat kembali, pergantian air kolam dilaksanakan secara automatis memakai mekanisme air mengucur.

Lubang pengeluaran air, umumnya ditempatkan di dasar kolam. Atau ditempatkan pada bagian terdalam dari kolam supaya air bisa keluar secara keseluruhan.

Teknis Pengerjaan Pembuatan Kolam


Bikinlah galian sama ukuran yang dan wujud sama seperti yang sudah anda tentukan.

Sesudah galian tertolong, kenakan aturan batu bata dengan pasir dan semen yang sudah disiapkan.

Mengatur tempatnya demikian rupa seperti design yang diperkirakan.

Sesudah usai, lapisi dengan adonan semen yang sudah disiapkan.

Upayakan adonan semen semakin banyak supaya kolam tidak bocor. Bila perlu, pakai lapisan khusus anti bocor atau waterproof yang secara eksklusif ditujukan untuk kolam.

Sisi dinding dan dasar kolam bisa dipakai keramik mozaik. Pasti ini makin lebih cantik dan baik.

Berikut ialah sebuah siaran yang memikat berkenaan cara membuat kolam ikan di muka rumah secara minimalis dan elok.

Untuk bikin kolam ikan koi dengan dasar terpal atau susunan plastik bisa anda saksikan pada video di bawah ini. Ini jadi salah satunya cara alternative yang cepat untuk membuat di muka teras rumah kita.

Pemilihan Cat Kolam Ikan Koi


Penyeleksian cat warna putih pada dinding kolam ikan nampaknya akan membuat ikan kelihatan bagus. Tapi bila kolam ikan kita memakai susunan dinding keramik, nampaknya pengecatan ini tidak dibutuhkan.

Aliran penghasilan air bisa kita bikin dari pipa yang tersambung dengan pengisi air, misalkan kita memakai pompa air listrik untuk isi air kolam ikan koi.

Pemasangan Filter Kolam


Untuk simpelnya, kita memakai mekanisme pompa teknisi supaya lebih gampang dibikin dan cepat. Kita pakai pompa untuk mengisap air yang bakal difilter, selanjutnya masukkan air ke bak yang sudah kita beri bahan filter.

Filter air kolam bisa kita beli ke toko ikan. Atau bila kita ingin lebih natural, bisa dipakai filter biologis sama seperti yang sudah diterangkan pada posting awalnya, check di sini.

Pemasangan Lampu Kolam


Sesungguhnya ini tidak harus. Ingat posisi kolam ikan koi yang dibikin ada dalam depan rumah, yang umumnya telah mempunyai lampu pencahayaan sendiri.

Tetapi, untuk mengoptimalkan panorama di waktu malam hari, lampu kolam ikan ini bisa lah ditambah sesuai dengan selera anda.

Nah itu tadi adalah pembahasan lengkap cara pembuatan kolam ikan koi, Jika anda kesulitan membuat kolam ikan koi di tempat anda hubungi kami sekarang juga!
Hidayat Landscape
Hidayat Landscape Provides a Full Range of Landscape Services From Landscape Design and Build, Landscape Construction, To Pure Landscape Architecture.